Breaking News

Prioritaskan Untuk Bangun Rumah yang Sehat dan Peduli Lingkungan



Bangun rumah haruslah memperhatikan segi kesehatan sehingga memberikan efek yang positif kepada semua penghuni rumah. Jadi tidak hanya cukup mempercantik bangunan dan interior rumah. Sehingga ketika semua elemen serta infrastruktur hunian telah terpenuhi dengan baik maka tinggal memperhatikan  bagaimana menciptakan suasana yang sehat.

Bangun rumah tidak harus luas, yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa memaksimalkan fungsi rumah itu nantinya. Sama halnya ketika Anda memilih rumah minimalis, dimana rumah ini ukurannya tidak besar tapi sangat efektif dan fungsinya bisa dimaksimalkan dengan baik.


Indikasi rumah sehat bukan sesuatu hal yang baru saat ini, pemerintah telah menyarankan hunian yang asri dengan ditumbui banyak pohon di area sekitar rumah. Hal ini merupakan akibat adanya efek rumah kaca yang tentu saja bisa membahayakan bumi dan manusia. Jadi jangan sampai lahan dihabiskan untuk bangunan sehingga tidak ada lahan untuk menanam pepohonan. 

Belum lagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan, dimana nyaris tidak ada lahan kosong yang tersedia. Alhasil air hujan tidak memiliki daerah resapan sehingga menimbulkan banjir. Lebih dari itu, tinggal di perkotaan juga membuat Anda terpaksa bersahabat dengan polutan. 

Apabila Anda stuck pada situasi ini, tentu saja akan berdampak bagi kesehatan. Untuk meminimalisirnya, Anda diharuskan memiliki rumah dengan lingkungan yang sehat. Kalau perlu perbanyak tanamanan di sekitar rumah agar udara selalu fresh.

Sirkulasi Udara Baik
Anda bernapas setiap waktu, jadi ketika Anda berada di ruang tertutup, maka akan terus berkutat dengan karbondioksida. Bisa dibayangkan bagaimana pengap dan sesaknya jika Anda terus-menerus di ruangan yang seperti ini? Inilah pentingnya ventilasi udara, dimana ventilasi ini berperan menjadi perantara pergantian udara yang masuk ke dalam rumah. 

Lighting atau Pencahayaan Cukup
Cahaya merupakan faktor penting dalam menjaga kestabilan kelembaban fisik bangun rumah. Kelembaban fisik bangunan juga dapat berdampak untuk para penghuninya. Perencanaan pencahayaan yang baik mengarah ke selatan atau utara. Arah utara dan selatan dipilih karena mampu memaksimalkan cahaya matahari ke semua bagian rumah.

Instalasi Limbah
Selain dua poin di atas diperlukan juga manajemen limbah dan drainase yang baik dan benar supaya lingkungan sekitar terjaga kualitas kebersihan dan kesehatannya. Ajak seluruh anggota keluarga untuk turut menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan tidak sembarangan membuang limbah.

Daerah Resapan
Penting memperhatikan daerah resapan terutama, jika berlokasi di daerah perkotaan tentunya Anda memerlukan sedikit ruang terbuka. Dalam rencana bangun rumah yang baik sebaiknya hindari kondisi daerah yang tidak meresap air dengan baik. Namun Anda masih bisa Gloss block supaya masalah teratasi. 

Penampungan Air Hujan
Jika ingin membangun hunian yang sehat, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memfasilitasi penampungan air hujan. Air hujan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Mempunyai rumah yang sehat adalah keinginan setiap orang. Hanya saja tidak semua orang mau dan mampu melakukan upaya maksimal sehingga hunian yang dimiliki benar-benar menjadi hunian yang bersih dan menyehatkan. Banyak yang lebih fokus mempercantik interior dan eksterior rumah namun mengesampingkan nilai kesehatannya. 

Untuk itu pastikan Anda memilih jasa bangun rumah yang kompeten sehingga rumah dibangun dengan perencanaan dan pemilihan konsep yang tepat. Dengan demikian bukan hanya rumah yang cantik namun Anda juga bisa tinggal di dalam bangunan yang terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Tidak ada komentar